Pakar Komputer Inggris Pembobol NASA dan Pentagon, Diekstradisi ke AS

Rabu, 24 September 2008 | komentar

Pengajuan banding seorang pakar komputer Inggris, yang membobol jaringan komputer milik badan-badan pemerintahan AS yang sangat rahasia, ditolak, Rabu (30), hingga ia dipastikan akan diekstradisi ke AS.

Pakar itu, Gary McKinnon, ditangkap pada 2002 setelah pihak berwenang AS mendakwanya karena memasuki secara ilegal jaringan-jaringan komputer milik badan pemerintah AS, termasuk Pentagon, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan NASA, yang menyebabkan kerugian 700.000 dolar.

Pembobolan ini disebuta sebagai ‘pembobolan militer terbesar sepanjang zaman’. Ia bisa dijatuhi hukuman hingga 70 tahun penjara.

Pada 2006, McKinnon mengatakan ia membobol jarigan komputer sangat sensitif tersebut hanya untuk mengetahui apakah mahluk asing dari luar angkasa (alien) benar-benar ada atau tidak dan untuk membuktikannya ia membobol jaringan militer AS tersebut.

Pengadilan tertinggi Inggris, House of Lord, berencana menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadapnya tapi kemudian mengabulkan permintaan eksradisi dari pihak berwenang AS.

Pengacara McKinnon menegaskan ekstradisi ini melanggar HAM.

Pengadilan distrik Inggris Mei 2006 memutuskan bahwa ia akan diekstradisi, tapi putusan iti ditangguhkan oleh Pengadilan Tinggi London April 2007.

Jika dinyatakan bersalah di AS, McKinnon bisa divonis 70 tahun penjara dan denda hingga 1,75 juta dolar.

Dengan menggunakan komputer pribadinya di London, McKinnon membobol 97 komputer pemerintah AS antara Februari 2001 hingga Maret 2002.

McKinnon dituduh menyebabkan seluruh jaringan militer distrik New York, yang terdiri dari 2.000, mati selama 24 jam.



Regard's

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ronald Salawanersz Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | More Trick | IVY Themes
Proudly powered by Blogger